Get Money

Minggu, 28 Oktober 2012

ARUS AIR LAUT


ARUS AIR LAUT DI INDONESIA
Analisis Pengaruh Jarak Terhadap Beda Tinggi Pasang Surut Air Laut
Karlina Apriani 2008. SKRIPSI S-1 TEKNIK SIPIL
Pasang surut adalah perubahan ketinggian muka air laut karena gerak gravitasi bulan dan matahari serta benda langit lain pada perputaran bumi. Perubahan elevasi muka air laut ini merupakan fenomena alam yang teratur yang tidak dapat dihindari keberadaannya. Peramalan gelombang pasang surut dilakukan untuk keperluan dermaga pelabuhan, perencanaan bangunan – bangunan pantai, pelayaran, terutama kapal – kapal besar yang membutuhkan kedalaman air yang besar
Pasang surut berbeda-beda pada tiap lokasi, seberapa besar perbedaannya akan dianalisis dalam skripsi ini. Analisis dilakukan dengan menghitung besar komponen - komponen pasang surut, dimana komponen yang di pakai yaitu komponen yang dominan
Penelitian dilakukan di tiga lokasi di utara Jawa Barat, yaitu di Tanjung Pasir (Tangerang), Tanjung Priok dan Karawang. Data yang dianalisis adalah data hasil pengamatan secara manual.
Selama 15 hari berturut – turut analisis dilakukan secara manual dengan metode Admiralty untuk mengetahui pengaruh jarak terhadap beda tinggi pasang surut air laut. Hasil analisis menunjukkan bahwa di pantai utara Jawa Barat, semakin ke timur perbedaan tinggi pasang surut semakin besar. Di Tj. Pasir sebesar 84 cm, Tj. Priok 94 cm, dan Karawang sebesar 110 cm.

5. Arus Pasut
Gerakan air vertikal yang berhubungan dengan naik dan turunnya pasang surut, diiringi oleh gerakan air horizontal yang disebut dengan arus pasang surut.  Permukaan air laut senantiasa berubah-ubah setiap saat karena gerakan pasut, keadaan ini juga terjadi pada tempat-tempat sempit seperti teluk dan selat, sehingga menimbulkan arus pasut(Tidal current).  Gerakan arus pasut dari laut lepas yang merambat ke perairan pantai akan mengalami perubahan, faktor yang mempengaruhinya antara lain adalah berkurangnya kedalaman (Mihardja et,. al 1994)

SELENGKAPNYA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar