Get Money

Minggu, 28 Oktober 2012

REKREASI ALAM DAN EKOWISATA: TAMAN NASIONAL GUNNUNG GEDE PANGRANGO

REKREASI ALAM DAN EKOWISATA: TAMAN NASIONAL GUNNUNG GEDE PANGRANGO
1.1              KONDISI UMUM KAWASAN
1.1.1   Kondisi Supply Kawasan
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kalinya diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Keadaan alamnya yang khas dan unik, menjadikan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango sebagai salah satu laboratorium alam yang menarik minat para peneliti sejak lama.
Wisata yang dapat kita nikmati saat berkunjung ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango:
a.        Mandala Wangi
Tempat membeli pernak-pernik mengenai taman nasional TNGGP, banyak orang-orang yang beristirahat di tempat ini setelah pendakian ke atas atau puncak gunung untuk sekedar berkumpul dengan keluarga.
 
b.        Telaga Biru
Danau kecil berukuran lima hektar (1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Danau ini tampak biru bila terkena sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru, namun danau ini dapat berubah menjadi hijau kebiruan bila ada pergantian musim.
c.         Air Terjun Cibeureum
Terdapat 2 buah air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter yang terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut merah yang endemik di Jawa Barat.
d.        Air Panas
Terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.
e.         Kandang Batu dan Kandang Badak
TNGGP juga menyediakan tempat untuk kegiatan berkemah serta pengamatan tumbuhan/satwa. Lokasi tempat ini berada pada ketinggian 2.220 m. dpl dengan jarak 7,8 km atau 3,5 jam perjalanan dari Cibodas.
f.         Puncak dan Kawah Gunung Gede
Dengan ketinggian 2.958 m. dpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam perjalanan dari Cibodas, kita dapat melihat panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, dan hamparan kota Cianjur-Sukabumi-Bogor yang terlihat dengan jelas dari puncak gunung gede sendiri. Atraksi geologi yang menarik dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah pun hanya dapat kita temukan di puncak gunung gede pangrango. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon.
g.        Alun-alun Suryakencana
Setelah menempuh puncak gunung gede kita dapat melihat dataran seluas 50 hektar yang ditutupi hamparan bunga edelweiss

SELENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar